Lokakarya Progres STBM

Yayasan Rumsram

Alamat: JL. Bosnik Raya,  Depan PLTD II, Kelurahan Karang Mulia, Biak Kota, Kabupaten Biak Numfor, Papua 98115, Indonesia
Phone: +62 981 23269
email: kasumasa_biak [at] yahoo.com

 

Lokakarya Progres STBM PDF Print E-mail
Written by tes   
Thursday, 20 July 2017 07:05

Toki Tifa”  bersama dalam pembukaan kegiatan Lokakarya Progres STBM Bersama Pokja AMPL (Foto: Doc Rumsram)

Lokakarya Progres STBM Bersama Pokja AMPL

 

Biak- Kegiatan loka karya progress pelaksanaan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) bersama Kelompok Kerja (Pokja) Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) yang berlangsung pada 11 Juli 2017 bertempat di Hotel Mapia. Kegiatan ini dibuka secara resmi dengan memukul Tifa bersama oleh dr. Dachy. CH. Urbinas, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numfor, dr.Leonora Komboy, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numfor, Nasaruddin , mewakili Direktur Yayasan Rumsram.

Adapun tujuan kegiatan adalah : 1) Memaparkan kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan periode April-Juni 2017; 2) Mempresentasikan hasil monitoring periode Juni 2017 baik kapasitas Kabupaten, Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD), Distrik dan Kampung serta hasil monitoring Inspeksi Sanitasi (IS); 3) Membuat rencana tindak lanjut untuk mendorong kemajuan STBM di setiap wilayah intervensi. Dalam penyampaian materi dari Yubelina Marandof, Koordinator Tim Fasilitator (TIFA) Kabupaten Biak Numfor  terdapat  pencapaian aktivitas selama  April – Juli 2017 yakni:

Pelatihan STBM bagi relawan kampung yang dilakukan di 2 Distrik yaitu Aimando dan Padaido dengan total relawan di 2 distrik sebanyak : 41 org terbagi atas peserta laki-laki  15 orang, perempuan 26 orag yang merupakan keterwakilan dari kader posyandu, aparat kampung, tokoh agama, tokoh perempuan, tokoh adat dengan lokasi pelatihan balai Kampung Sasari dan Balai Kampung Wundi, dengan 7 lokasi pemicuan (3 lokasi di Padaido, 4 lokasi di Aimando).

Promosi dan pendampingan, kegiatan ini dilakukan di 10 Distrik, 42 kampung, dan 28 Sekolah Dasar (SD). Dalam kegiatan ini media yang biasa digunakan yaitu : media gambar bolak-balik dan game ular tangga STBM, kegitan promosi dan pendampingan yang dilakukan yang menjadi sasaran yaitu :

1. Sekolah dasar/siswa/i kelas 3 – 6 SD.

2. Rumah tangga, kampung saat posyandu, ibadah unsure yang terdiri dari Persekutuan Wanita  (PW) Persekutuan Anak Remaja (PAR) , Persekutuan Angkatan Muda (PAM), Persekutuan Kaum Bapak (PKB) serta ibadah hari Minggu serta Sekolah Minggu.

Monitoring Inspeksi Sanitasi (IS) dan Capacity Building (CB), kegiatan ini dilakukan pembekalan terhadap sanitarian puskesmas wilayah kepulauan yang berada di 2 distrik  yakni Distrik Aimando dan Padaido, selain pembekalan diajarkan juga bagaimana cara melakuakn Input data baseline, serta mengisi format monitoring Inpeksi Sanitasi dan CB. Dan dalam menyampaikan hasil monitoring menggunakan aplikasi System monitoring berbasis Internet yang bernama mWater.

Pelatihan Gender bagi tim STBM, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas tim STBM kabupaten dan distrik dalam mengimplementasikan program yang responsive gender, dalam kegiatan ini peserta yang ikut berjumlah  35 orang yang terdiri dari  laki-laki  7 orang, perempuan 18 orang yang merupakan keterwakilan dari tim STBM tingkat kabupaten dan distrik, Dinas Pemberdayaan Perempuan,Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3A & KB), serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) daan staf Yayasan Rumsram.

Pelatihan Pembuatan Sabun sedang dalam persiapan pelatihan.

Loby Advokasi (Pokja, Distrik, dan Kampung), kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk adanya regulasi terkait STBM untuk alokasi anggaran STBM di semua Distrik.

Publikasi STBM (pembuatan radio spot) sedang dalam proses pembuatan.

Lokakarya Progres STBM Bersama Pokja AMPL yang dilakukan saat ini.

Kegiatan ini dihadiri oleh  37 orang  peserta  yang berasal dari Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numfor, Puskesmas: Bondifuar, Paray, Sumberker, Yendidori, Korem, Biak Kota, Bosnik, Yomdor, Ridge, Pasi dan Andey, Sementara 2 dinas yang terlibat yakni dari Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Biak Numfor yakni  Seksi Pendidikan Dasar (Sie Dikdas),  Dinas Pendidikan dan staf Yayasan Rumsram. Kegiatan ini  difasilitasi oleh  dr.Yubelina Marandof, dr.Leonora Komboy dari Dinas Kesehatan, Yustin Pabisa dan Nasaruddin dari Yayasan Rumsram.

Lokakarya ini merupakan bagian dari program  Sustainabel Sanitation Hygine For Eastern Indonesia  (SEHATI) yang didukung oleh Simavi, Pokja AMPL dan Yayasan Rumsram yang berjalan sejak tahun 2016 di Kabupaten Biak Numfor. (Yuyun Warbal)

Last Updated on Friday, 11 August 2017 06:11