Memulai Hidup Sehat dengan Cuci tangan pakai sabun

Yayasan Rumsram

Alamat: JL. Bosnik Raya,  Depan PLTD II, Kelurahan Karang Mulia, Biak Kota, Kabupaten Biak Numfor, Papua 98115, Indonesia
Phone: +62 981 23269
email: kasumasa_biak [at] yahoo.com

 

Memulai Hidup Sehat dengan Cuci tangan pakai sabun PDF Print E-mail
Written by Info Rumsram   
Thursday, 24 October 2013 01:39
Ratusan orang, memadati halaman SD Inpres Yomdori Biak Barat, memeriahkan Peringatan Hari Cuci tangan pakai sabun se-dunia yang memasuki tahun ke-6 tingkat kabupaten Biak Numfor dan dipusatkan di Distrik Biak barat pada tanggal 16 Oktober 2013.  Bupati Biak Numfor dalam sambutannya yang dibacakan Plt. Sekretaris daerah Abdul Kahar, SE, MM berharap, “....peringatan HCTPS dapat memotivasi Pemerintah dan Masyarakat di Biak Barat, untuk komitmen terhadap pelaksanaan STBM di seluruh wilayah Biak Numfor”. Secara Khusus terhadap satu pilar STBM yaitu Cuci tangan pakai sabun yang menjadi momentum peringatan setiap tanggal 15 Oktober tiap tahunnya, Bupati berharap masyarakat mau memulai perubahan pola prilaku bersih dan sehat untuk meningkatakan kwalitas kesehatan dengan membiasakan diri dengan mencuci tangan pakai sabun di air yang mengalir. Bahkan Bupati berpesan agar selain mencuci tangan pakai sabun, juga penting untuk menjaga kebersihan kuku dengan rajin menggunting kuku. Usai membaca sambutan Bupati, Sekretaris daerah menandatangani pengesahan pelaksanaan STBM di Biak Barat, dan melakukan aksi cuci tangan pakai sabun, serta memainkan permainan ular tangga.
Albertus Tanalepi selaku ketua Panitia dalam laporannya menjelaskan Urgensi pelaksanaan HCTPS sebagai wujud perbaikan kwalitas kesehatan yang diawali dari Prilaku individu maupun keluarga. Ditambahkan pula “...sebelumnya berbagai kegiatan telah dilakukan Panitia Hari Cuci Tangan Pakai Sabun yang dikoordinir POKJA AMPL Biak Numfor,  diantaranya Sosialisasi Cuci Tangan Pakai Sabun di 16 sekolah tingkat SD, SMP dan SMA/SMK pada 4 titik, pemutaran Film STBM,  sosialisasi melalui SPOT Radio pada RRI Biak, Pemasangan Baliho HCTPS di wilayah Biak kota, Samofa, Biak Utara dan Biak Barat, dan penilaian kampung sadar STBM yang diikuti 21 kampung di Biak barat”.
Tanalepi selaku Kepala bidang PMK Dinas Kesehatan Biak Numfor yang juga merupakan salah seorang Fasilitator STBM kabupaten menilai, Animo pelajar di Biak barat dalam mengikuti sosialisasi Cuci tangan pakai sabun cukup tinggi sehingga diharapkan siswa didik termotivasi untuk melakukan prilaku bersih dan sehat yang diawali dengan mencuci tangan pakai sabun  sekaligus menjadi pilar perubahan prilaku di dalam keluarga, maupun lingkungannya. Guna mengoptimalkan peringatan HCTPS ke-6 di Biak Numfor panitia melibatkan berbagai Instansi dan Lembaga terkait diantaranya, Bappeda, Dinas Pendidikan Biak Numfor, BPMK Biak Numfor, Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum, Pemerintah Distrik Biak Barat, dan Yayasan Rumsram. Keluar sebagai pemenang Kampung Opuri yang berhak mendapatkan piala bergilir sebagai kampung sadar STBM. Puncak peringatan HCTPS, turut pula dihadiri perwakilan Pimpinan DPRD Biak Numfor Yusuf Brabar selaku Ketua komisi 3 DPRD, Asisten 2 Bupati Biak Numfor Harun Rumkabas, perwakilan pimpinan SKPD terkait dilingkup POKJA AMPL, Pimpinan dan Staff Pemerintah Distrik Biak barat, Para Kepala kampung dari 21 kampung dan perwakilan siswa/siswi dari 16 sekolah di Distrik Biak barat  beserta relawan STBM biak barat.

Last Updated on Saturday, 01 July 2017 15:31