POTRET PEMBANGUNAN DI KAMPUNG SORYAR

Yayasan Rumsram

Alamat: JL. Bosnik Raya,  Depan PLTD II, Kelurahan Karang Mulia, Biak Kota, Kabupaten Biak Numfor, Papua 98115, Indonesia
Phone: +62 981 23269
email: kasumasa_biak [at] yahoo.com

 

POTRET PEMBANGUNAN DI KAMPUNG SORYAR PDF Print E-mail
Written by Info Rumsram   
Wednesday, 23 October 2013 16:03
Pantai Soryar     Berdasarkan data statistik, masyarakat kampung Soryar berjumlah 345 jiwa yang terdiri atas 82 kepala keluarga. Saat ini di kampung Soryar terdapat beberapa Fasilitas umum seperti sekolah Dasar Negeri Soryar, 1 (satu) unit Puskesmas pembantu dan posyandu, Pos Informasi Program Coremap bagi Masyarakat, serta 1 unit rumah ibadah, sedangkan rumah penduduk di kampung Soryar berjumlah 53 unit yang hingga saat ini masih menampung 1-2 kepala keluarga. Beberapa potensi yang ada dikampung Soryar, diantaranya Potensi laut, baik dari sektor perikanan maupun Potensi Wisata. 800 meter Pasir putih yang membentang di pesisir pantai soryar menjadikan eksotika pantai yang indah ketika kita mengunjunginya. Pantai Soryar sendiri, masih terlihat alami, sekalipun bersebelahan dengan Pantai objek Wisata Segara indah-Bosnik yang menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Biak, yang tentunya mengalami pembenahan di beberapa sisinya.
    Terkait pembangunan di Kampung Soryar, pemanfaatan alokasi dana PNPM Mandiri respek tahun 2012-2013 di Kampung Soryar sebagai satu upaya dalam menjawab kebutuhan pembangunan, memprioritaskan pada beberapa hal berdasarkan tuntutan kebutuhan masyarakat, diantaranya pembangunan Fasilitas umum dan kebutuhan warga berkaitan Listrik serta Bak Fiber penampung air. Hal tersebut diungkapkan Musa Faidiban selaku Ketua TPKK Kampung Soryar Distrik Biak timur. “untuk pemasangan jaringan listrik bagi 6 rumah warga, baru dapat direalisasikan pada anggaran PNPM Mandiri Respek tahun 2012, berdasarkan perengkingan kebutuhan kampung Soryar, dan dengan terpasangnya jaringan tersebut kini seluruh warga masyarakat dapat menikmati aliran listrik ke rumah sehingga diharapkan pula memberi dampak bagi kesejahteraan masyarakat” ujarnya. Selain hal tersebut, fasilitas umum lainnya yang dibanguna antara lain 1 unit Gedung serba guna berukuran 6 x 9 meter, yang telah di mulai proses pembangunannya sejak bulan Februari 2013 dan diperkirakan akan menghabiskan anggaran sekitar Rp 30.000.000.
 Faidiban menambahkan “Dana PNPM Mandiri Respek Di kampong Soryar sejak tahun 2009, telah memberikan Kontribusi secara nyata dalam meningkatkan kesejahteraan warga masyarakatsecara bertahap, sehingga dirinya selaku TPKK komitmen untuk memanfaatkan anggaran tersebut secara, bertanggung jawab Transparan dan tepat sasaran dalam menjawab kebutuhan”. Menurut sejarahnya, makna kata Soryar berasal dari bahasa suku byak, yang berarti “memanggil untuk berkumpul”. (JEF)