PENUTUPAN PELATIHAN BAGI TENAGA RELAWAN STBM DI BIAK BARAT

Yayasan Rumsram

Alamat: JL. Bosnik Raya,  Depan PLTD II, Kelurahan Karang Mulia, Biak Kota, Kabupaten Biak Numfor, Papua 98115, Indonesia
Phone: +62 981 23269
email: kasumasa_biak [at] yahoo.com

 

PENUTUPAN PELATIHAN BAGI TENAGA RELAWAN STBM DI BIAK BARAT PDF Print E-mail
Written by Info Rumsram   
Monday, 21 October 2013 22:02
   Kepala Distrik Biak barat Aleksander kaisepo menutup secara resmi kegiatan Pelatihan bagi 72 Relawan Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat di 10 kampung pada 2 tempat berbeda yaitu balai kampung Mamoribo, dan balai kampung Asaryendi. Aleksander Kaisepo berharap kegiatan yang berlangsung selama 5 hari pada tanggal 26-30 Agustus 2013, dapat meningkatkan pemahaman relawan terhadap Program STBM, sehingga memiliki kemampuan mendorong perubahan prilaku masyarakat di Kampung dan di Dusun, dalam hal kwalitas hidup yang lebih baik. 80 tenaga relawan STBM tingkat kampung antara lain berasal dari kampung Mamoribo, Opuri, Supkarkir, Sopendo, Insiri, Rasbary, Asariyendi, Kanaan, Kanaan dan Dedifu. “saya berharap saudara dapat melaksanakan berbagai hal yang telah diterima selama pelatihan, sehingga gerakan STBM di biak barat dapat optimal, dan selaku Kepala Pemerintahan saya akan mengupayakan program STBM di biak barat secara seragam, yang didukung alokasi anggaran dari dana bantuan yang ada, saya akan memerintahkan para kepala kampung agar memasukkan STBM khususnya anda selaku relawan untuk di mendapat dukungan”  ujarnya disela-sela penutupan kegiatan di kampong Mamoribo.
  Yayasan Rumsram yang didukung oleh Simavi dalam mengimplementasikan Program SHAW dengan komponen STBM, didasari pemikiran tercapainya perubahan  perilaku hidup bersih dan sehat di tengah masyarakat secara kolektif yang tentunya akan berdampak langsung pada peningkatan kwalitas hidup dan produksi masyarakat. Program non subsidi ini dan tidak semata-mata menargetkan pada hal yang bersifat fisik, diharapkan dapat menurunkan angka kesakitan terhadap penyakit berbasis lingkungan di 73 kampung pada wilayah biak numfor dan kabupaten supiori. Selama kegiatan berlangsung, turut pula dihadiri Ibu Galu seorang Psikolog dari SIMAVI, yang ingin meninjau dan mengikuti Proses yang dilakukan Yayasan Rumsram bersama Masyarakat, dalam mendorong STBM, khususnya dalam menggali nilai-nilai local yang ada. Tercatat keseluruhan tenaga Relawan di seluruh wilayah mencapai 303 relawan tingkat kampung, dan secara khusus pada 21 kampung di distrik Biak barat, Relawan STBM mencapai 162 orang. Dalam penutupan Kegiatan Pelatihan, para relawan melaksanakan upacara adat mansorandak bagi Direktur Yayasan Rumsram, dan Fasilitator STBM Kabupaten Albertus Tanalepi, sebagai bentuk penghormatan atas kehadiran Program STBM di Biak Barat, terlebih dalam upaya bersama-sama masyarakat dalam hal meningkatkan kwalitas hidup. (JEF)