MEMAHAMI KEBERHASILAN PROGRAM STBM MELALUI MONITORING KINERJA.

Yayasan Rumsram

Alamat: JL. Bosnik Raya,  Depan PLTD II, Kelurahan Karang Mulia, Biak Kota, Kabupaten Biak Numfor, Papua 98115, Indonesia
Phone: +62 981 23269
email: kasumasa_biak [at] yahoo.com

 

MEMAHAMI KEBERHASILAN PROGRAM STBM MELALUI MONITORING KINERJA. PDF Print E-mail
Written by Info Rumsram   
Monday, 21 October 2013 21:44
      (Maumere)- Guna meningkatkan kemampuan bagi Mitra strategi dalam pelaksanaan Program SHAW terkait hal monitoring Kinerja, SIMAVI melaksanakan Pelatihan Training of Trainer (TOT), selama 5 hari pada tanggal 9-13 September 2013 lalu, bertempat di hotel Sao Wisata Maumere. Kegiatan tersebut diikuti 16 peserta mewakili Lembaga Mitra SHAW antara lain Yayasan Rumsram Biak Papua, Yayasan CD Bethesda Sumba, Yayasan Dian Desa Nusa Tenggara Timur, Plan Indonesia Sumba Timur, dan Yayasan Masyarakat peduli Lombok (NTB). Pelatihan bagi Fasilitator Program SHAW diharapkan dapat meningkatkan Kapasitas pelaksana Program SHAW dalam melakukan perencanaan,  pengorganisasian, dan kemampuan memfasilitasi penerapan sistem monitoring output dan outcome, selain itu Fasilitator juga diharapkan dapat melakukan analisis data monitorang sehingga hasil dari kegiatan monitoring dapat dimanfaatkan untuk pengendalian pelaksanaan program.
     Hal lainnya adalah kemampuan memilih langkah kerja yang diperlukan, kemampuan membangun atau memperkuat kapasitas para pemangku kepentingan yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan monitoring dan pelaksanaan program; dan meningkatnya kemapuan dalam menyesuaikan keseluruhan pendekatan program dengan dasar pengalaman pembelajaran. Dengan ToT tersebut diharapkan para mitra SHAW akan memiliki kemampuan melatih para pemangku kepentingan/ stake holders di masing- masing wilayah kerja mitra SHAW untuk mampu melakukan monitoring secara mandiri ke depannya. Nasarudin selaku salah seorang peserta Pelatihan dari Yayasan Rumsram menjelaskan, “……saya menilai pembekalan ini sangat penting dan menjadi kebutuhan dalam keberlangsungan dan keberlanjutan Program SHAW, yang Rumsram sedang laksanakan di Kabupaten Biak Numfor dan Supiori….karna akan menjadi tolak ukur sejauh mana progeres dari implementasi program, sehingga berdampak pada presentasi pencapaian tujuan program”.
     Dilain pihak Amos Yeninar penanggung jawab Program STBM Kabupaten Supiori yang turut dalam kegiatan tersebut menilai “…..metode monitoring kinerja dapat secara efektif diaplikasikan dalam menunjang tugasnya di wilayah kerja Supiori, yang tentunya membutuhkan berbagai Metode pendekatan dalam upaya suksesi Program STBM mengingat kondisi di tiap-tiap wilayah akan mengalami perbedaan dalam realisasi program seperti di Biak dan Supiori atau daerah lainnya di Luar Papua, sehingga dengan adanya monitoring kinerja, akan memberikan input dalam menganalisis berbagai Progres dalam pelaksanaan Program, terkait kendala maupun temuan-temuan lainnya yang dapat dijadikan rekomendasi dalam pelaksanaan Program STBM di wilayah lainnya…..”. selain mendapatkan pembekalan materi, peserta mendapat kesempatan melakukan praktek lapangan, bagaimana melakukan pengambilan, verivikasi dan rekapitulasi data di Desa Seisina yang terdiri atas 3 dusun, salah satunya dusun Magerobak, pada 60 rumah penduduk dengan melibatkan Relawan STBM desa yang juga merupakan kader Posyandu. (JEF)