AIR UNTUK KEHIDUPAN YANG LEBIH BAIK

Yayasan Rumsram

Alamat: JL. Bosnik Raya,  Depan PLTD II, Kelurahan Karang Mulia, Biak Kota, Kabupaten Biak Numfor, Papua 98115, Indonesia
Phone: +62 981 23269
email: kasumasa_biak [at] yahoo.com

 

AIR UNTUK KEHIDUPAN YANG LEBIH BAIK PDF Print E-mail
Written by Info Rumsram   
Thursday, 19 September 2013 03:24

Semakin meningkatnya jumlah penduduk, yang di barengi perkembangan pembangunan disegala sektor, maka diharapkan system penyediaan air bersih dapat memenuhi tuntutan kebutuhan atau konsumsi air bersih sebagai kebutuhan dasar masyarakat. Kondisi masyarakat yang semakin kristis dan menuntut kualitas air bersih dan sehat, dalam pelayanan yang baik dan cepat, maka Pemerintah sebagai penyedia jasa dan Sektor Swasta sebagai mitra kerja, dituntut bertindak cepat untuk menyediakan air besih yang sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat dengan mengacu pada prinsip-prinsip normative. Pemenuhan kebutuhan air, di wilayah Perkotaan melalui Perusahaan Daerah Air minum (PDAM) sekalipun belum optimal dalam hal standar pengelolaannya, namun dari hari ke hari mengalami peningkatan, baik secara kwalitas maupun kwantitas. Dalam kondisi tersebut, bagaimana dengan pemenuhan kebutuhan air bersih dikampung-kampung yang sudah tentu jauh dari  pelayanan Pemerintah Kabupaten Biak Numfor.

Yayasan Rumsram yang didukung SIMAVI belanda, berupaya memberikan kontribusi dalam capaian MDG’s di Biak salah satunya melalui Program Air bersih bagi Masyarakat. Dari catatan yang dimiliki Yayasan Rumsram, pengadaan air bersih yang telah dilakukan tanpa melibatkan masyarakat secara keseluruhan, baik dari perencanaan hingga pelaksanaan, maka tidak akan berlangsung lama, disebabkan masyarakat tidak ada rasa memiliki, dan menganggap itu merupakan bantuan yang apabila rusak akan diberikan lagi. Hal ini berbeda dengan apa yang pernah dilakukan Yasasan RUMSRAM di Kampung Rosayendi. Program air bersih dengan melibatkan masyarakat secara keseluruhan, mendorong masyarakat bertanggung jawab dalam merawat dan memeliharanya karena mereka menyadari mendapatkan air, dengan hasil keringat mereka sendiri.

Berdasarkan pengalaman tersebut, Yayasan Rumsram dalam Program Air Bersih di Kampung Nermnu Distrik Biak utara, melakukan Peningkatan Kapasitas masyarakat dalam pengelolaan Air bersih melalui pembentukan badan pengelola air bersih. Isak Matarihi selaku Direktur Yayasan Rumsram menjelaskan, pihaknya berharap dengan meningkatnya kemampuan masyarakat dalam mengelola air bersih maka pemenuhan air bersih bagi warga dapat dilakukan secara berkesinambungan, air ini merupakan sumber daya alam yang harus dijaga, karena air tidak dapat digantikan dengan apapun oleh makluk hidup, dan nilai air ini suatu saat akan menggeser nilai emas. Masyarakat harus mampu mengelola air dengan baik supaya berkelanjutan, banyak orang luar menganggap masyarakat tidak mampu mengelola sumber air ini sendiri padahal kalau masyarakat dilatih / dibina dengan baik maka masyarakat bisa melakukannya”, tandasnya.

Salah satu kesepakatan Millenium Development Goals (MDGs) yang perlu dicapai pada tahun 2015 adalah pengadaan air bersih. Hal ini mendorong penyediaan infrastruktur di perkotaan atau perkampungan dalam mendukung kegiatan produksi, ekonomi dan sosial masyarakatnya sebagai komponen penting dalam pengembangan wilayah itu sendiri, yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan terbukanya kawasan perkampungan dari keterisolasian, meningkatnya arus keluar masuk barang dan tersedianya air bersih sebagai kebutuhan dasar, serta prasarana lainnya yang akan menunjang peningkatan produksi dan produktivitas masyarakat, serta akan memperkuat komoditi ekonomi perkotaan maupun perkampungan yang potensial untuk berkembang.

Sistem distribusi air bersih dilakukan secara komunal dan individu, dimana pendistribusian air dengan system pembagian melalui jaringan pipa ke permukiman kampung, dengan memanfaatkan sumber air, baik mata air, dan air permukaan. System penyediaan air bersih meliputi sarana penampungan dan distribusi dengan system gravitasi, pompa dan gabungan dari pompa dan gravitasi, yang memperhitungkan kemampuan suplai air bersih sampai pada konsumen atau penghuni sesuai dengan kebutuhan yang diharapkan, dengan parameter debit air yang tersedia harus mencukupi untuk keperluan pemakai, Pembagian air secara adil dan merata, Sistem pengambilan air per kelompok melalui kran-kran umum (Public Tap), analisa pemakaian air terhadap perkembangan penduduk 10 - 20 tahun ke depan, dan ketersediaan bak-bak penampungan per kelompok pemakai air. Saat ini 13 orang pengurus badan pengelola air bersih kampung Nermnu telah mendapat Pelatihan dari Yayasan Rumsram, dan diharapkan dapat mengelola Air bersih hingga pada tahapan manajemen keuangan Badan Pengelola Air Bersih (BPAB). Menurut rencana Program air bersih akan meliputi 14 kampung pada 10 titik sumber mat air, di wilayah Distrik, Biak Timur, Biak Utara, Distrik Andey, Warsa dan Swandiwei.