MENDORONG EKONOMI PRODUKTIF DI DISTRIK ANDEY

Yayasan Rumsram

Alamat: JL. Bosnik Raya,  Depan PLTD II, Kelurahan Karang Mulia, Biak Kota, Kabupaten Biak Numfor, Papua 98115, Indonesia
Phone: +62 981 23269
email: kasumasa_biak [at] yahoo.com

 

MENDORONG EKONOMI PRODUKTIF DI DISTRIK ANDEY PDF Print E-mail
Written by Info Rumsram   
Tuesday, 30 July 2013 01:34
     (Andey) Dalam rangka pemberdayaan melalui peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan komitmen masyarakat guna kemandirian dan perubahan menuju peningkatan kwalitas hidup yang lebih baik, Yayasan Rumsram melalui program Pengelolaan sumber daya alam (PSDA) melaksanakan Program Pengembangan Ekonomi produktif di wilayah Distrik Andey Kabupaten Biak Numfor Provinsi Papua. Distrik Andey yang terdiri dari 6 Kampung kampung antara lain Kampung Warbinsi, Roidifu, Wounabraidi, Rumbin, Wouna dan Wodu, secara geografis terletak di daerah pedalaman Biak Utara, yang memiliki potensi  sumber daya hutan, tanah dan air yang melimpah namun potensi tersebut belum dikelola secara maksimal oleh Pemerintah maupun  masyarakat setempat.
     Diawali dengan pengambilan data dasar untuk mengetahui kondisi awal sebelum melakukan intervensi dibidang pengembangan ekonomi produktif, diharapkan mendapatkan input secara terukur guna melakukan intervensi selama lebih dari 6 bulan. Dari pengambilan data dasar pada tanggal 15 April – 2 Mei 2013 terkait ; nama badan pengurus kelompok tani/perkebunan, jumlah angggota kelompok dan jenis usaha kelompok maupun anggota, dan Jenis usaha masyarakat serta luasan lahan, terdapat beberapa catatan penting yang patut dicermati antara lain, pola bertani tradisonal secara berpindah-pindah, perencaan usaha yang kurang baik, pengelolaan keuangan yang belum maksimal, kebiasaan konsumtif, dan tergantung pada makanan yang berasal dari luar daerah ketimbang pangan lokal. Dari data tersebut kemudian dibangun kesepakatan awal bersama masyarakat dalam pelaksanaan Program Ekonomi produktif diantaranya, 15 kelompok tani Di Distrik Andey menyediakan lahan seluas 1 Ha di masing-masing kampung Kampung, Nermnu, Warbinsi, Armnu, Roidifu, Rumbin, Wonabraidi, Warawaf, dan kampung Wouna.
     Dalam pelaksanaan program tersebut Tim PSDA Yayasan Rumsram melakukan koordinasi dengan instansi teknis khususnya kepada pihak Petugas PPL pertanian di wilayah Distrik andey. Dari koordinasi tersebut didapat beberapa informasi seputar berbagai program yang pernah dan akan masuk guna peningkatan sektor pertanian masyarakat, antara lain Pembukaan lahan kebun jagung bagi 5 kelompok tani di Kampung Wouna yang mengalokasikan dana sebesar Rp 100.000.000, serta pemberian 15.000 bibit ikan mas Di Distrik Andey. Salah seorang Petugas PPL Pertanian Kampung Wouna Noak Anes menuturkan “....di tahun 2013 akan dikucurkan alokasi anggaran sebesar Rp 500.000.000 oleh Pemerintah bagi kelompok tani di kampung Warbinsi, Armnu dan kampung Roidifu guna pengembangan budidaya pertanian, sehingga membutuhkan mitra seperti Yayasan Rumsram untuk peningkatan pengetahuan dan kesadaran kritis petani”, dirinya juga berharap dana tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat secara berkesinambungan.
     Selain melakukan pengembangan ekonomi produktif, Komitmen lainnya yang disepakati Yayasan Rumsram bersama masyarakat setempat, diantaranya menjaga kelestarian hutan, tanah dan air sehingga, generasi mendatang dapat menikmati alam yang lestari dan berkesinambungan. (ONA-JEF)